depo pulsa

5 Teknologi canggih ini merevolusi sepak bola

Sepak bola adalah salah satunya cabang olahraga paling terkenal di dunia. Semenjak dikenalkan beberapa ratus tahun kemarin, olahraga ini sudah alami perubahan yang benar-benar panjang. Masuk era ke-21, tehnologi semakin mempunyai peranan penting dalam beberapa bagian, tidak kecuali di dunia olahraga. 

Sepak bola juga tidak dapat terlepas dari dampak pesatnya perubahan tehnologi. Beberapa pengembangan tehnologi terus ditingkatkan. Manfaatnya juga berbagai macam, dari mulai penambahan perform serta stamina pemain, sampai coba ada jadi jalan keluar atas persoalan yang seringkali berlangsung dalam sepak bola. Tidak bingung bila inovasi-inovasi tehnologi itu memberi dampak yang besar pada olahraga ini. 

Nah, ingin tahu kan, apa tehnologi hebat itu? berikut beberapa tehnologi hebat yang sampai ini hari merevolusi dunia sepak Bola Online

1. Goal line technology. 
Hasil gambar untuk Goal line technology
Goal line technology atau tehnologi garis gawang ialah tehnologi yang menolong wasit untuk memastikan apa bola sudah melalui garis gawang atau belum. 

Pengembangan tehnologi ini jadi jalan keluar jumlahnya ketetapan polemis wasit waktu bola kelihatan samar-samar apa sudah melalui garis gawang atau belum. Terbatasnya pandangan wasit jadi pemicu intinya. Dengan begitu, adanya tehnologi ini ketetapan gol ataukah tidak bertambah tepat. 

Langkah kerjanya, sekitar 7 camera dipasang dibagian atap stadion menghadap mengarah gawang. Skema camera akan kirim signal pada wasit jika bola sudah melalui garis. 

Sesudah lewat pembicaraan, aplikasi tehnologi ini pada akhirnya telah di setujui oleh FIFA jadi otoritas sepak bola paling tinggi di dunia serta dipakai pertama-tama pada Piala Dunia Antarklub 2012 di Jepang. Sekarang, banyak kompetisi serta liga-liga sepak bola terpenting di dunia seperti Piala Dunia, Liga Inggris, sampai Piala Eropa yang sudah mengaplikasikan tehnologi garis gawang dalam tiap kompetisinya. 

2. Microchip dalam sepatu pemain. 
Gambar terkait
Pengembangan tehnologi dalam sepak bola digunakan untuk tingkatkan perform pemain saat berlaga. Diantaranya ialah tehnologi microchip dalam sepatu pemain. 

Tehnologi ini berbentuk alat yang dapat mengukur gerak serta kapasitas yang dikerjakan oleh pemain di lapangan. Dengan begitu, daya jelajah pemain di lapangan bisa dideteksi lewat alat yang ditempatkan dibalik alas sepatu ini. Perusahaan olahraga asal Jerman, Adidas ialah pionir yang meningkatkan tehnologi ini dengan menerapkannya pada sepatu seri Adizero F50. 

3. Video Assistans Referee (VAR). 
Hasil gambar untuk Video Assistant Referee
Tehnologi VAR banyak dibicarakan pada Piala Dunia 2018 lalu di Rusia. Tehnologi ini berperan menolong kapasitas wasit dalam membuat ketetapan pada saat polemis. 

Wasit yang bekerja di lapangan akan mendapatkan pertolongan asisten wasit VAR yang ada dalam suatu ruangan kontrol video yang menolong wasit lapangan untuk lihat siaran lagi insiden yang dipandang polemis. Satu monitor di tepi lapangan disiapkan untuk wasit lapangan lihat siaran lagi. 

Dengan pertolongan VAR, laga sepak bola semakin lebih jujur serta kekeliruan wasit dalam memutuskan bisa diminimalkan. Beberapa liga di dunia yang sudah mengaplikasikan tehnologi ini diantaranya Liga Inggris serta Liga Spanyol. 

4. Tehnologi EPTS. 
Hasil gambar untuk Teknologi EPTS
Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS) ialah tehnologi berbentuk skema berbasiskan tablet yang bisa mencari statisik pemain atau semuanya dalam laga sepak bola. 

Karena pertolongan tehnologi EPTS, pelatih bisa memastikan taktik di lapangan saat berlaga. Hebatnya, lewat satu tablet, pelatih bisa memonitor semua gerakan pemain sepanjang laga dengan realtime. Pergerakan semua pemain itu terekam oleh sekitar 396 camera yang terpasang di stadion. 

Untuk pertama-tama, tehnologi EPTS sebetulnya pernah diuji-coba FIFA pada 1996 untuk menjumpai garis gawang, bola, serta rumput stadion. Pada Piala Dunia 2018 lalu, tehnologi EPTS kembali dipakai. 

5. Jersey penyerap keringat. 
Design jersey pemain sepak bola alami perubahan yang panjang dari design sampai pengembangan tehnologi yang ada di dalamnya. Masa 2000-an jadi titik dimulainya jersey pemain sepak bola yang berteknologi penyerap keringat. 

Diluar itu jersey dibuat bisa menyaring temperatur panas sekaligus juga udara dingin yang tembus ke badan. Design itu menolong memberi kenyamanan pemain di lapangan hingga bisa tampilkan perform terbaik saat berlaga. Inovasi-inovasi itu terus ditingkatkan sampai sekarang.

Popular Posts