depo pulsa

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Di jaman kekinian ini, pasti kita tidak asing dengan arti “teknologi”. Beberapa dari kita yang mendefinisikan tehnologi dengan sempit, yakni terbatas pada alat atau mesin yang tersambung dengan tenaga listrik. Walau sebenarnya sebenarnya tehnologi ialah beberapa kepentingan dan fasilitas berupa bermacam jenis perlengkapan atau skema yang berperan untuk memberi kenyamanan dan keringanan buat manusia. Lewat pemahaman ini, kita dapat juga mendefinisikan jika satu pensil termasuk juga tehnologi.

Seiring waktu berjalan, tehnologi terus alami pergantian. Pergantian ini pasti dilandasi dengan keperluan manusia yang terus beralih. Dalam artikel ini, saya akan mengulas perubahan tehnologi dari pertama kehidupan manusia sampai ini hari.


  • Tehnologi jaman pra-sejarah 

Pra-sejarah ialah waktu dimana manusia hidup sebelum kenal tulisan. Mungkin kita seringkali dengar mengenai narasi penemuan api oleh manusia jaman dulu. Api terhitung penemuan tehnologi pertama manusia pada jaman ini. Tapi penemuan pertama manusia bukan api, tetapi beberapa alat batu. Sesuai dengan apa yang disebutkan Mark Moore, satu orang arkeolog dari University of New England Armidale, Australia, batu sudah digunakan manusia untuk memudahkan kesehariannya semenjak 3.2 juta tahun kemarin. Pada jaman ini, manusia condong manfaatkan tehnologi yang mereka untuk buat kebutuhan mereka sendiri.


  • Tehnologi jaman kuno 

Jaman kuno di sini yang disebut ialah jaman sesudah prasejarah sebelum era pertengahan. Jaman ini rawan waktunya lumayan lama, terhitung jaman nabi-nabi, peradaban kuno, dan sebagainya. Hingga banyak penemuan-penemuan pertama sebagai fundamen untuk penemuan seterusnya diketemukan di jaman ini. Peradaban manusia berkembang cepat. Jadi contoh ialah peradaban Mesir Kuno yang kita mengenal dengan pyramidnya. Serta tehnik bedah plastic telah diketemukan dasarnya pada jaman ini. Manusia mulai membuat tehnologi untuk kepentingan masal, seperti kapal serta bangunan. Pada jaman ini manusia juga kenal tulisan. Diketemukan peninggalan riwayat yang ada tulisan.


  • Tehnologi jaman pertengahan 

Berdasar sebagian sumber, jaman pertengahan ialah seputar era ke-5 masehi sampai era ke-15 masehi. Satu hal yang dapat kita sorot perubahan tehnologi pada saat ini ialah dari bagian seni. Pada saat ini, banyak kesenian-kesenian baru ada. Bila disaksikan dari bagian geografisnya, benua Eropalah rajanya pada saat ini. Perubahan tehnologi sebagian besar dipelopori beberapa orang Eropa. Ilmu dan pengetahuan mulai tumbuh cepat, dengan ditemukannya rumus-rumus matematika serta teori-teori fisika. Pada jaman ini penelusuran mulai umum dikerjakan. Hingga bisa diketemukan kompas pada jaman ini.


  • Tehnologi masa revolusi industri 

Manusia yang makin bertambah banyak mengisyaratkan keinginan akan keperluan hidup makin banyak. Tehnologi pada saat ini banyak diketemukan berbentuk mesin-mesin yang memiliki potensi produksi masal. Perubahan tehnologi pada saat ini mengubah tingkah laku sosial beberapa orang yang ada. Sebetulnya tidak ada periode waktu tersendiri untuk masa revolusi industri. Revolusi industri pertama-tama berlangsung pada era 17 – era 18. Revolusi industri diikuti dengan pergantian besar hampir di tiap bagian kehidupan manusianya, yang tentunya tidak dapat terlepas dari tehnologi. Saat ini, kita tengah siap-siap untuk hadapi revolusi industri 4.0.


  • Perubahan tehnologi era 20 – saat ini. 

Tehnologi bukan menolong manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Tehnologi mulai dibuat untuk menganakemaskan manusia, untuk jadikan lambang sosial. Misalnya mobil. Awal penciptaan mobil untuk percepat manusia tempuh perjalanan jauh. Asumsinya, hal yang diperlukan untuk membuat suatu mobil sesuai dengan arah intinya ialah ban, bahan bakar, serta mesin. Tetapi saat ini kita dapat lihat, mobil bukan cuma untuk alat transportasi. Dengan semua feature hebat di dalamnya, mobil seolah jadi tanda status sosial satu orang. Salah satunya contoh tehnologi yang sebetulnya tidak diperlukan manusia, tetapi cuma untuk menganakemaskan manusia ialah skema berbelanja online. Manusia masih dapat berbelanja tanpa ada koneksi internet, tetapi adanya skema berbelanja online, manusia seolah dimanja.

Itu beberapa pembabakan perubahan tehnologi. Bila kita lihat alurnya, makin lama, tehnologi tidak cuma menolong kehidupan manusia. Tetapi perlahan-lahan mulai menggeser serta gantikan kehidupan manusia. Seperti pergantian tenaga kerja dengan mesin. Sepanjang peradaban manusia masih ada, tehnologi selalu berkembang. Karena itu supaya tidak kalah dengan tehnologi, kita jadi manusia yang hidup di masa tehnologi maju harus dapat mengatur tehnologi yang ada.

Popular Posts