depo pulsa

Perkembangan Teknologi Layar Sentuh

Perubahan tehnologi yang makin maju serta kekinian sudah banyak membuat pekerjaan manusia makin gampang. Misalnya saja di bagian komunikasi multimedia kita kenal terdapatnya computer, tablet, handphone, dan lain-lain. Tehnologi monitor sentuh adalah salah satunya perubahan tehnologi yang sudah gantikan piranti input seperti mouse serta keyboard. 
Ilustrasi home screen unlock. Getty Images/iStockphoto
Monitor sentuh tersebut adalah piranti input computer yang kerja dengan sentuhan pada monitor yang memakai jari atau pena digital, hingga pemakai tidak memakai piranti penghubung seperti mouse serta keyboard. Serta ini adalah langkah yang termudah untuk menjalankan computer, hingga tehnologi monitor sentuh ini makin banyak dipakai pada beberapa aplikasi seperti computer, handphone, tablet, smartphone, dan lain-lain 

Peningkatan tehnologi monitor sentuh ini makin baik. Mengenai tipe-tipe tehnologi monitor sentuh yakni: 

1. Capacitive overlay 
Di tiap pojok monitor ada circuit yang berperan untuk mengukur kapasitansi. Sentuhan yang diberi oleh jari atau alat penghantar yang lain yang disebut konduktor pada monitor mengakibatkan masalah pada keadaan elektrostatis. 

Masalah itu mengakibatkan pergantian kapasitansi. Pergantian yang berlangsung terarah oleh circuit dan dipakai untuk menjumpai tempat sentuhan. Type ini mempunyai ketahanan yang kuat dan penampilan yang jernih. Monitor sentuh ini cuma dapat disentuh dengan jari, jadi tidak dapat di sentuh oleh benda terkecuali jari. 

2. Guided acoustic wave 
Monitor ini kerja dengan mentransmisikan gelombang akustik lewat susunan atas kaca yang diletakkan di atas monitor penampilan. Saat satu alat yang mempunyai daya penghantar seperti jari terkontak dengan gelombang, karena itu transmisi gelombang akustik terusik oleh jari. Masalah mengakibatkan pengurangan amplitudo dimana pengurangan itu diidentifikasi oleh control electronics untuk menjumpai tempat sentuhan. Monitor ini hampir serupa seperti Capacitive Overlay. 

3. Resistive overlay 
Monitor type ini sangat unggul dalam ketahanan terutamanya pada perlakuan kasar, harga juga dapat dijangkau alias murah. Monitor ini tersusun atas dua susunan tipis yang dibuat dari kaca atau polyester yang diselubungi dengan material penghalang serta dipisah oleh beberapa titik pemisah yang tidak kelihatan. 

Pada resistive overlay, arus listrik mengalir pada semua sisi monitor. Saat desakan diberi pada monitor, ke-2 susunan itu sama-sama berhimpitan yang selanjutnya mengakibatkan pergantian saluran arus listrik. Lewat pergantian itu tempat sentuhan terdeteksi. 

Scanning infrared dalam frame sentuhan atau monitor ada barisan LED serta foto transistor yang semasing diletakkan di dua bagian yang bersimpangan untuk membuahkan satu kisi dari sinar infra merah yang tidak kelihatan. Saat jari atau alat penghantar yang lain masuk kisi itu, sinar infra merah yang dipancarkan LED terhalangi. 

Foto transistor menjumpai hilangnya sinar serta mentransmisikan signal yang mengidentifikasi koordinat X serta Y dari letak jari atau alat penghantar itu. Monitor type ini dapat di sentuh apa, umumnya ada pada handphone touchscreen low end dengan alat penambahan pensil sentuh (stylus). 

4. Near Field Imaging (NFI) 
Type ini memakai alat atau circuit pendeteksi sentuhan yang hebat untuk menjumpai sentuhan. Alat atau circuit itu mempunyai tingkat ketepatan tinggi dalam memakai data serta mengolah gambar untuk membuahkan profile yang pas atas sentuhan yang diberi. 

5. Surface acoustic wave 
Kerja dengan mengirim gelombang akustik lewat panel kaca yang diperlengkapi dengan beberapa transduser serta reflektor. Saat jari bersentuhan dengan gelombang akustik, pergerakan gelombang alami pergantian. 

Pergantian ini selanjutnya dipakai untuk menjumpai tempat sentuhan. Keunggulan type ini ialah mempunyai tingkat kejernihan yang tertinggi dan ketahanan yang baik. Tetapi kekurangannya ialah peka pada kotoran yang melekat. Umumnya monitor type ini di pasang pada Computer / benda elektronik yang memiliki monitor resolusi besar.

Popular Posts